Posted by : Unknown Senin, 27 April 2015

Seperti yang kita ketahui Ujian Nasional(alias UN) sebentar lagi akan dimulai. walaupun sekarang banyak di berita bahwa UN tidak mempengaruhi kelulusan. tapi tetap saja para siswa banyak yg masih takut saat menghadapi UN tersebut. Maksud dan tujuan Ujian Nasional adalah untuk mengukur tingkat kemampuan siswa dibilang kognitif siswa selama belajar dengan standar nasional.


Menjelang Ujian Nasional banyak persiapan yang harus dilakukan para siswa yang akan melaksanakan Ujian Nasional ini. Persiapannya mulai dari Mental, Kesehatan, kemampuan otak dalam mengerjakan soal-soal UN nantinya.

Baiklah, kali ini saya akan membagikan sebuah Tips menghadapi Ujian Nasional dengan harap kalian bisa mampu menghadapi ujian nasional dengan sebaik-baiknya.

Tips Menghadapi Ujian Nasional

1.Awali dengan berdoa
Segala sesuatu itu harus dimulai dari doa. begitu juga dengan Ujian nasional ini. sebelum kita mengerjakan soal hendaknya kita berdoa kepada tuhan agar diberikan hasil yang baik. kita hanya mampu berusaha dan Tuhan lah yang menentukannya. 

2.Siapkan barang yang diperlukan
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, mulai dari pensil, penghapus, penggaris, dan lain-lainnya. jadi saat kamu butuh sesuatu tidak meminjam ke siswa lain karena kamu sudah mempersiapkannya dari awal.

3.Baca, Cermati lalu Pahami baru mengerjakan soal
Tips Menghadapi Ujian Nasional yang ini sangat penting, Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

4.Hati-hati dalam mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK)
 Dalam mengisi Lembar Jawaban Komputer(LJK) sebaiknya hati-hati. jangan sampai terlipat, kotor, basah, atau berminyak. karena jika hal ini terjadi nanti bisa-bisa scanner tidak dapat mendeteksi jawaban kalian. tentu kita tidak mau kalau kita gagal UN hanya karena kertas LJKnya kotor :v

5.Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

Jika Anda berhasil lulus Ujian, Selamat! Jika tidak sesuai apa yang Anda harapkan, Ingat bahwa ini bukanlah akhir dari hidup Anda.  Jika ada kesempatan mengulang, tingkatkan usaha dan kemampuan Anda!

Mudah-mudahan tips diatas tadi bermanfaat untuk kalian. Semoga Sukses
.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © KazuyaFunSite -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan